Ad Code

Pengemudi Perahu Yang Tenggelamkan Santri Langitan Kini Jadi Tersangka

Lamongan, 19/10/2016 halodunia.net – Pengemudi perahu tenggelam di Bengawan Solo di Desa Banaran Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Markad (53) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Warga Desa Ngadirejo Kecamatan Widang Tuban tersebut harus bertanggung jawab atas tergulingnya perahu hingga menewaskan 7 korban.

“Setelah dilakukan pemeriksaan saksi –saksi dan barang bukti, akhirnya Markad kita tetapkan sebagai tersangka dalam kasus tenggelamnya perahu yang menewaskan 7 korban jiwa tersebut” terang Waka Polres Lamongan Kompol A. Mukti S. A. S., S.H., S.I.K., M.Si, Rabu siang (19/10) di Mapolres Lamongan.

Menurut Mukti, Markat dijerat pasal 359 KUHP junto Undang–undang nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dengan ancaman 5 tahun kurungan penjara.

“Dari pemeriksaan saksi dan barang bukti, pengemudi perahu diduga lalai terhadap jumlah penumpang yang over load serta tidak menyiapkan alat kelengkapan penyelamatan penumpang” ungkap Kompol A. Mukti.

Meski berstatus tersangka, Markad tidak serta merta dilakukan penahanan karena tersangka dianggap kooperatif saat pemeriksaan dalam proses penyidikan yang dilakukan petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Lamongan.

Selain itu pertimbangan tidak dilakukan penahanan terhadap tersangka adalah usia tersangka yang sudah tua, 53 tahun, sehingga penyidik hanya memperlakukan wajib lapor atau pemanggilan dibutuhkan penyidik dalam tindak lanjut proses hukum.

Perahu tersangka tidak standar, tanpa ada kelengkapan, seperti pelampung dan juga penumpangnya lebih dari kapasitas semestinya.

Seperti diketahui warga Desa Banaran Kecamatan Babat Lamongan, Jum’at pagi (7/10/2016) digegerkan dengan tenggelamnya perahu yang memuat 25 santri Pondok Pesantren Langitan Tuban di Sungai Bengawan Solo yang melintas di Desa Banaran.

Akibat kejadian tersebut sebanyak 7 santri tenggelam terbawa arus sedangkan 18 santri berhasil menyelamatan diri saat perahu tenggelam.

The post Pengemudi Perahu Yang Tenggelamkan Santri Langitan Kini Jadi Tersangka appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2ete3d5
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu